Damunews | Meulaboh – Dalam rangka pengusulan izin akreditasi Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Darul Muta’allimin, Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Aceh melakukan kunjungan visitasi ke Sekolah SMA IT pada, Senin (24/07/2023).

Visitasi adalah kegiatan verifikasi dan klarifikasi instrumen akreditasi, data, dan informasi pendukung, serta observasi terhadap kondisi objektif sekolah untuk menentukan status, peringkat, dan peringkat akreditasi.

Visitasi tersebut dilakukan karena adanya pengusulan Akreditasi yang sudah diusulkan oleh pihak SMA IT semenjak beberapa bulan yang lalu, maka oleh karena itu Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Aceh mengirim dua petugas yaitu Bapak Sunanto dan Bapak Budi Raharjo, S.Pd untuk melakukan survei terkait keabsahan data yang sudah diupload pada situs pendaftaran Akreditasi.

Kegiatan visitasi yang dilaksanakan oleh BAN pada SMA IT Darul Mutaallimin dilaksanakan selama dua hari yaitu Senin (24/07/2023) s.d Selasa (25/07/2023) dan dimulai sejak Pagi pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Visitasi pada hari pertama diawali dengan penyambutan asesor pada kegiatan pembukaan dan pemaparan profil sekolah oleh kepala sekolah Bapak Muhammad Ridhwan, SE., M.Soc.Sc. Pada acara pembukaan juga turut dihadiri langsung oleh Pembina Dayah Darul Muta’allimin Dr. Tgk. H. Syamsuar, M.Ag dan Pimpinan Dayah Dr. Tgk. Hj. Zikriati, MA,  dan juga seluruh dewan guru yang aktif pada SMA IT Darul Mutaallimin.

Untuk kegiatan kedua yaitu wawancara dengan Kepala Sekolah, komite, Operatot dan TU, Kegiatan selanjutnya yaitu klarifikasi isian dokumen dengan data yang ada di sekolah dan wawancara dengan segenap guru.

Dalam wawancara dengan Kepala SMA IT Darul Mutaallimin Muhammad Ridhwan menyampaikan beberapa wacana yang sudah disiapkan untuk kemajuan sekolah “Kita terus meningkatkan kredibilitas sekolah terkait proses pembelajaran, dan kita juga sudah mewacanakan berbagai pengadaan seperti laboratorium komputer, sarana pembelajaran, dan lain sebagainya” Ungkap Ridhwan dalam wawancaranya.

Hari kedua yaitu melakukan wawancara dengan orang tua/wali siswi terkait kepuasan dan pelayanan sekolah terhadap siswi atau orang tua, visitasi selanjutnya yaitu memantau proses belajar dan mengajar pada dua kelas menyangkut pembelajaran Bahasa Indonesia dan TIK. Setelah visitasi mengajar, kegiatan selanjutnya yaitu wawancara murid yang diwakili oleh murid kelas XI dan XII. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian angket oleh 20 murid. Selanjutnya tim Asesor memantau berbagai fasilitas seperti fasilitas pembelajaran, perpustakaan dan lain sebagainya. Kegiatan visitasi diakhiri dengan refleksi, baik dari pihak sekolah maupun pihak asesor. Kegiatan berupa pemaparan hasil visitasi oleh asesor dan sanggahan oleh pihak sekolah.

Pada sesi penutupan, pimpinan Dayah Darul Mutaallimin Zikriati memaparkan berbagai realita terkait mutu pembelajaran yang sudah terjadi dan yang sudah diwacanakan kedepannya. “Kita akan berusaha untuk terus memaksimalkan potensi murid melalui sistem pendidikan yang baik, dan kita juga sudah mewacanakan berbagai pengadaan yang dapat mendukung proses pembelajaran tersebut, hal ini tentu dengan adanya bimbingan dan arahan dari Bapak dan seluruh dewan guru lainnya” Ujar Zikriati dalam sesi penutupan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

32 − = 26

Menu